Cara mengatasi Error "This country requires a state selection" Prestashop

Beberapa hari yang lalu penulis disibukkan mencari cara untuk memperbaiki toko online penulis yang berbasis Prestashop. Pesan error tersebut adalah "This 1 Error this country requires a state selection". Pesan error ini muncul setelah mengganti theme/template Prestashop bawaan (default) dengan tema dari Leo Converse. This country requires a state selection ini muncul bila customer mencoba untuk registrasi dimana pengisian formulir alamat dinyatakan tidak lengkap oleh prestashop. Hal ini muncul karena State/Kecamatan tidak muncul. 

Bila user/customer tidak bisa registrasi ini menjadi masalah besar bagi sebuah toko online. Penulis mencoba search di Google dengan kata kunci Cara mengatasi Error "This country requires a state selection" Prestashop, namun tidak membuahkan hasil. Penulis akhirnya mendapatkan jawaban atas permasalahan ini setelah bertanya kepada admin Prestanesia.com.

Cara mengatasi :
  • Upload ulang dari theme asli (theme yang digunakan) ke folder theme yang di cpanel
  • address.tpl
  • authentication.tpl
  • order-opc-new-account.tpl
  • Lalu masuk ke BO (back office), Modul :
  • Non aktifkan atau uninstall modul presta autocompleter
  • Install modul Prestanesia Indonesia


Modul Prestanesia Indonesia ini akan merubah data negara/country menjadi Propinsi.

Setelah melakukan step by step panduan dari Prestanesia akhirnya toko online penulis yang berbasis prestashop kembali berjalan normal. Alhamdulillah, lega rasanya.
Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat membantu rekan-rekan yang lagi mengalami masalah yang sama yaitu  Error "This country requires a state selection".

Komentar

  1. permisi mas, mau tanya, kok saya sudah ikuti cara diatas tapi kok pada bagian state tetap tidak muncul ya ? padahal country nya yang berubah jadi propinsi itu udah dipilih.

    BalasHapus
  2. boleh di sreenshoot gak tiap thapannya? punyaku juga error di kecamatan. minta bantuannya kakak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Create Personalized Avatar Videos in Minutes with Text-to-Speech Technology

How to Clean HP Inkjet Printer Heads: A Step-by-Step Guide for High-Quality Prints

Ketik 2Captcha : Cara Mudah Mendapatkan Uang Online Tanpa Modal