01 Oktober 2010

Virus Fanny sipembuat shortcut

Akhir-akhir ini penulis sering disibukkan dalam membersihkan virus-virus yang lagi trend atau lagi banyak beredar di warnet, rental dan di komputer maupun laptop. Virus ini memperkenalkan dirinya Fanny yang bisa dilihat dari file shortcut yang bertuliskan "Fanny is my name" dan virus ini juga menyertakan fotonya dengan nama file Fanny.bmp

Bila di scan dengan menggunakan antivirus Kaspersky akan terdetek sebagai Worm W32/autorun, lain halnya dengan Avira dideteksi sebagai Trojan TR/ATRAPS.Gen2, ya itu hanya penamaan saja intinya sama. Apalah arti sebuah nama..he..he


Virus ini sekilas tidak menimbulkan masalah, hanya suka membuat sampah shortcut yang sangat banyak jumlahnya dan kadang tidak dimengerti itu file dari mana asalnya  untuk jelasnya lihat gambar dibawah :

Shortcut tersebut dibuat sejumlah file atau folder yang ada di hardisk atau flashdisk yang kita gunakan. Virus ini akan menyembunyikan file asli atau folder asli data kita dan akan digantikannya dengan shortcut yang berukuran hanya 1 sampai 5 kb.

 Tingkah virus yang seperti ini sangat banyak merugikan bila kita mencoba mengcopy file dari pc atau laptop yang sudah terinfeksi ke flashdisk, data yang terkirim bukanlah data tetapi hanya shortcutnya saja. Bayangkan saja ada seorang mahasiswa yang akan menyerahkan hasil kerjanya untuk diprint tetapi setelah dibuka file yang ia bawa ternyata hanyalah sebuah shortcut. Betapa kecewanya mahasiswa tersebut, karena ia tidak bisa ngeprint, kacian ya..

Selain menghiden file atau menyembunyikan file virus ini juga akan memperlambat kinerja komputer, memunculkan pesan error seperti dibawah :

Dan juga mengacaukan hasil cetakan bila kita mencoba memprint file doc dari komputer yang sudah terinfeksi.


Tips agar tidak terinfeksi virus ini ya jangan berselingkuh dengan yang lain...wah salah bos, itu untuk virus HIV. Pertama matikan fasilitas autorun untuk flashdisk, jangan sembarangan menancapkan flasdisk disembarangan komputer atau laptop, pastikan dulu komputer tersebut benar-benar clean dan kinclong..he..he. Rajin-rajinlah membersihkan file yang tidak dikenal termasuk shortcut dari flashdisk anda karena flashdisk merupakan perantara virus yang efektif. dan terakhir selalu update antivirus anda, jangan tunda. Menunda update berarti membuka pintu untuk masuknya virus.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar