22 April 2014

Virus Visual Basic Jeanxcus Pembuat Shortcut File

Virus Visual Basic Jeanxcus Pembuat Shortcut File.  Sesuai dengan namanya virus visual basic berarti dibuat dengan program visual basic, pembuat shortcut file karena memang virus ini bila sudah menginfeksi suatu komputer mereka akan membuat shortcut file untuk semua file yang ada di media penyimpanan, contohnya di flashdisk. File aslinya disembunyikan/hidden  oleh sang virus Jeanxcus. File yang tampak hanyalah shorcutnya saja. Namun untuk komputer yang sudah disetting untuk memperlihatkan semua file baik terhidden maupun tidak maka akan kelilhatan di media penyimpanan seperti flashdisk terjadi duplikat data, bedanya data yang palsu alias shorcut jumlah kilobyte nya sama semua. Secara logika tidak mungkin semua file memiliki ukuran kilobyte yang sama. Nah itu pasti file hasil duplikat dari sang virus Jeanxcus .
Penampakannya seperti di bawah ini dengan nomor (1) :

File shortcut bila diklik kanan dan dilihat propertiesnya maka akan tampak seperti di bawah ini :
Dengan kode MD5Hash, SH1 Hash dan CRC32 dan alamat websitenya.



Selain membuat shortcut virus Jeanxcus juga membuat file visual basic bernama Help Camfrog.vbs (nomor 2). Bila file help camfrog ini dibuka dengan notepad.exe maka akan terbuka programnya seperti di bawah ini :

Setelah mendapatkan sampel virus ini penulis langsung mengirimkan ke lab avira.com, setelah disubmit langsung terdeteksi ddari lab analisis avira kalau sampel file tersebut ada virus visual basic Jeanxcus.


Dan untungnya bagi pengguna antivirus avira mulai update file definition antivirus 7.11.311.112 sudah bisa terlacak dan dibersihkan. Ayo buruan antivirus aviranya di update biar virus Jeanxcus ini tidak berkembangbiak di komputer kita.  Update terus antivirusnya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar