26 Maret 2009

Virus Pembobol Deeprize

Wow...apa yang terjadi? kok komputernya bervirus dan semua program terinfeksi virus? itulah kata-kata yang sempat terucap penulis saat mengetahui salah satu komputer dibobol virus. Penulis benar-benar tidak menyangka kalau ada virus yang akhirnya dapat menembus pertahanan dari Deeprize. Selama ini Deeprize sudah menjadi dewa penolong terhadap serangan virus..ternyata...bobol juga sama virus.

Nama virusnya?
Virus yang berhasil menembus Deeprize itu namanya menurut Avira Antivirus adalah Virus W32/ChirB. Virus ini tidak sendiri tetapi berkolaborasi dengan virus yang lain yang dikenal dengan cacing alias Worm /RunOnceB2. Ternyata mereka merupakan tim yang solid dan kompak yang sukses menembus Deeprize. Prestasi yang cukup mengagumkan..benar khan? ya kali...

Bila virus ini berhasil menginfeksi komputer, maka virus w32/ChirB ini akan mengecek semua file yang berekstensi exe dan htm serta html. Semua file tersebut akan diinfeksi. Selain menginfeksi file-file tersebut, virus ini juga membuat file dengan ekstensi eml yang merupakan file email yang siap untuk dikirimkan ke komputer lain lewat jaringan. File dengan ekstensi eml ini terdapat dua bual file yaitu file

  • 0.html berisi Exploit Exp/ Iframe

  • file pp.exe. berisi Worm Worm/RunOnceB2


  • File dengan ekstensi eml ini akan dibuat dihampir semua subdirektori komputer yang terinfeksi dengan icon amplop surat berwarna putih.

    Virus ini sudah terdeteksi dengan Avira Antivirus, hanya saja agak terlambat..komputer keburu terinfeksi dulu baru terdeteksi..

    Solusinya :
    Ya..biasa discan...sampai bersih lalu....ini dia yang tidak enak tuh...lalunya itu...install ulang program yang terinfeksi dan sudah dihapus oleh antivirus...habis virusnya tidak bisa diclean, hanya bisa di delete..capek deh..!!

    Buat jaga-jaga matikan saja option autorun yang ada di komputer...biar virus-virus yang masuk lewat flashdisk tidak dapat langsung running secara automatis. Dan jangan suka jajan sembarangan..maksudnya hati-hati masukin flashdisk anda di komputer yang belum terjamin bebas virus...bisa berbahaaayaaaa kemasukan virus.
    Reaksi:

    0 komentar:

    Posting Komentar