Tips Memilih Charger Laptop

Sekarang ini laptop bukan lagi barang mewah, hampir semua remaja dan orang tua memilikinya terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Komponen yang digunakan untuk mengisi ulang baterai laptop adalah charger. Charger ini sangat sering digunakan dan akan selalu dibawa kemanapun laptop di bawa. Pokoknya lengket terus dengan laptop, kayak dipelet..he..he.
Karena sering digunakan atau dibawa-bawa akhirnya charger mudah rusak bahkan tidak jarang yang hilang. Nah kalo udah begini repot jadinya, laptopnya mati karena kehabisan baterai, mau online udah gak bisa. Mau gak mau ya harus beli lagi.  Dalam membeli charger ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1. Merk Laptop atau netbook
Sebelum membeli perhatikan dulu merk laptop atau netbook yang kita punya, Merk itu bermacam seperti HP Compaq, Asus, Acer, Dell Lenovo, Toshiba, Sony, Fujitsu dan samsung dan sebagainya.  Merk itu menentukan untuk cocok atau tidaknya charger tersebut. Biasanya beda merk, beda bentuk konektor chargernya.
2. Volt Amper
Volt amper ini yang sangat penting untuk menentukan besarnya daya/arus listik yang akan masuk ke charger. Besarnya daya/arus listrik yang masuk tidak sesuai akan menyebabkan umur baterai anda akan semakin singkat. Volt amper itu biasanya udah tercantum di charger misalnya 19V-3.42A.

Cara melihat Volt Amper
Volt amper bisa dilihat di stiker charger, yang perlu dilihat adalah outputnya berapa volt dan berapa amper. 
Contohnya : output : 19V - 3.42A 65W


Nah gimana kalo chargernya hilang ? Bila chargernya hilang bisa dilihat di bawah laptop atau netbook. Cari stiker yang bertuliskan : Input ~ Volt   Amper
disana ada volt ampernya.

Selain itu perlu juga diperhatikan untuk merk tertentu seperti HP Compaq tipe konektornya perlu diperhatikan apakah berbentuk Jarum atau Standar biasa. 
Berbentuk jarum, ditengah konektornya ada jarum dan konektornya lebih besar dibandingkan standar, sedangkan yang standar tidak ada jarum di tengah konektor dan konektor berukuran lebih kecil dan biasanya ujungnya berwarna kuning. Tipe konektor jarum biasanya ujung konektor berwarna hitam.
Untuk Cek harga Charger bisa dilihat di sini gan : Harga Charger

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Create Personalized Avatar Videos in Minutes with Text-to-Speech Technology

How to Clean HP Inkjet Printer Heads: A Step-by-Step Guide for High-Quality Prints

Ketik 2Captcha : Cara Mudah Mendapatkan Uang Online Tanpa Modal