11 Desember 2008

Gejala Komputer Terinfeksi Virus

Virus merupakan kata-kata yang sering kita dengar dan sudah tidak asing lagi. Dipostingan yang lalu kita telah membahas tips memberdayakan antivirus, aman tanpa antivirus dan virus cinta membawa petaka. Sekarang kita akan bahas gimana sih tanda-tanda komputer jatuh cinta..eh salah, yang benar tanda-tanda komputer terinfeksi virus. Yang udah tahu mungkin ya, udah ngerti, kalo yang belum mungkin masih penasaran. Komputer yang dirumah kena virus nggak yach? bisa ya bisa tidak (may be yes may be no), he..he.

Tanda-Tanda Komputer Terinfeksi Virus
Bila dilihat dari luar komputer yang terinfeksi virus dengan yang tidak terinfeksi sama saja atau tidak ada bedanya. Bedanya baru akan kelihatan bila komputernya di hidupkan.

- Komputer starting up nya lama
Komputer agak terasa lelet dibandingkan waktu komputer masih baru-baru di install, disini komputer mungkin terinfeksi virus yang menyebabkan komputer harus menjalankan sejumlah perintah dan program virus yang tersembunyi. Atau mungkin komputer udah kebanyakan file-file sampah.

- Komputer menampilkan pesan aneh
kejadian komputer menampilkan pesan aneh bahkan dalam bentuk gambar, ini tidak selalu sebab itu tergantung dari kreativitas sang pencipta virus..

- Adanya duplikasi file
Untuk melihat adanya duplikasi file, dari windows explorer klik tools, folder option, view, dari sub menu advanced setting : pilih show hidden files and folders, buang cek list hide extensions, buang ceklist hide protected system operating, lalu oke. Kemudian lihat di folder mydocuments, nah di sana akan terlihat semua file baik yang tersembunyi dan tidak.

Bila disana ada file dengan judul yang sama dengan file word tapi ekstensionnya .exe, nah itu bisa dipastikan file bervirus..atau ada file dengan icon folder tapi extension .scr, itu juga file bervirus... gimana sekarang udah kelihatan semuanya khan?..Tapi selama virus masih bercokol di komputer maka file duplikasi tidak akan dapat dihapus,

- Folder option dari Expoler tidak dapat diakses
bini sangat penting bagi pembuat virus untuk mengunci option ini, sebab folder option yang tidak dikunci maka pemilik komputer akan dapat melihat file yang aneh di komputernya. Trik ini dilakukan biar tidak ketahuan...kamu ketahuan...he..he. Bila menemukan gejala seperti ini dan anda tidak merasa pernah mengunci option ini, dapat dipastikan komputer anda terinfeksi.

Pertolongan Pertama Pada Virus

Penanganan virus itu tergantung tingkat penyebaran virus di komputer, tingkat serangan berbahaya atau setengah berbahaya atau bahkan tidak berbahaya. Pertama jangan panik, sebab kalau panik kita KO duluan dibandingkan virusnya. Lihat tingkat kerusakan pada komputer, kalo masih bisa jalan seperti biasa, selamatkan data anda dengan menyimpan di file .rtf, untuk jaga-jaga. Update antivirus yang anda gunakan, lalu scan system komputer anda bila virusnya ketemu oleh antivirus anda maka repair filenya atau delet saja. Bila virusnya habis maka komputer akan normal seperti semula.

Bila antivirus tidak menemukan apa-apa, nah ini baru mengkhawatirkan sebab virus tersebut termasuk virus baru atau pihak pembuat antivirus belum memiliki sampel virus. Nah di sini kita harus berperan aktif dengan mengirimkan sampel virus ke pembuat antivirus, tergantung dari antivirus yang kita gunakan. Ini sudah dibahas di tips pemberdayaan antivirus. Setelah sampel dikirim ke pembuat antivirus, kita tinggal tunggu update yang terbaru yang biasaya ada pemberitahuan dari pembuat antivirus kalo update berikutnya sudah bisa detect.Selesai khan....

Tapi kalo system komputer kita udah sangat rusak atau sembrawut oleh virus, ya..alternatif terakhir tinggal satu...format ulang dan install ulang...wow, ini paling tidak disukai..kayaknya tidak ada yang mau langsung memilih opsi ini sebab bisa ngebuang duit dan waktu serta tenaga...capek deh..< Pencegahan Virus

Ya,.yang penting hati-hati, kagak asal nyoblos ke komputer yang tidak diketahui aman atau tidaknya, terutama media penyimpanan seperti flashdisk. Apapun file yang tidak dikenal di flashdisk dan tidak merasa memiliki file itu, hapus saja...jangan penasaran dengan membuka file tersebut dikomputer kita, sebab penasaran dengan file, apalagi seperti file jpeg atau gambar. Hati-hati, lihat dulu ekstensi file tersebut. Benar jpeg atau exe, microsoftword atau exe. Hati-hati itu awal dari keselamatan...sok puitis ya..

Gimana komputernya...bebas virus?
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar