02 Desember 2008

VIRUS CINTA MEMBAWA PETAKA

Mungkin anda kaget mendengarkan kalo ada virus jatuh cinta. Sebenarnya bukan virusnya yang jatuh cinta tetapi yang membuat virus tersebut lagi jatuh cinta sama seseorang. Karena cintanya pada seseorang yang sangat mendalam akhirnya ia memutuskan untuk membuat virus yang akan menyampaikan pesan cintanya kepada seseorang yang bernama Tati. Dan akhirnya dikenal dengan nama virus Tati. Virus ini tergolong virus lokal atau buatan dalam negeri sendiri.

Sedangkan folder asli tidak ada ekstensi, yang ada type folder, dan file terinfeksi tidak ada file type. Setiap kali virus ini menginfeksi komputer, ia akan meninggal sebuah pesan yang bernama Tati my love.txt. Kalau dibuka dengan notepad maka akan terdapat pesan seperti di bawah ini.

Duhai Adinda tercinta ----
Perjalanan tiga hari tiga malam mengarungi samudera
-------Seumur hidup diri ini takkan lupa


Sebuah pesan yang menarik bukan?

Tingkat Bahaya Virus
Virus ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena tidak menghapus file asli dari komputer, hanya membuat duplikat. Namun bila virus ini telah menginfeksi komputer, maka virus akan mengunci file regedit yang akan memunculkan kata disable by administrator. Penguncian ini bertujuan agar file virus di registry tidak terhapus atau tidak dapat dilihat oleh administrator. Namun yang pasti infeksi virus ini akan menyebabkan komputer berjalan lambat atau bahkan sampai sangat lambat. Cukup menjengkelkan pemakai komputer.

Bila komputer sudah terinfeksi maka pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan virus. Restart komputer dengan safe mode, lalu klik Run, ketik regedit. Bila berhasil masuk maka cari HKEY Current User\ Software\Microsoft\ windows\ current version\ run, cari Yahoo messenger, lalu di hapus.

Jalankan program magictweak, dari menu startup klik Yahoo Mesengger dan delet. Lalu komputer di restart. Kemudian masuk ke Windows Exlorer, Klik Tool, Folder Option, View, Klik Show All Files, Hilangkan ceklist di hidden ekstension dan hidden file system, klik ok.

Sekarang masuk ke menu find files, ketikan *.scr tati.exe, lalu oke. Maka akan muncul semua folder yang berekstensi .scr dan tati.exe, silahkan di hapus sampai habis. Sumber virus di komputer anda sudah hilang.

Untuk pencegahan infeksi virus selanjutnya, kita harus memperkuat pertahanan komputer dengan menginstalkan anti virus. Antivirus yang diinstallkan apa saja yang penting antivirusnya selalu diupdate (lihat tips pemberdayaan antivirus), namun penulis menyarankan antivirus yang gratis saja seperti Antivir Personal, yang dapat didownload di www.free-av.com. Dan jangan lupa untuk tetap rajin mengupdate antivirus minimal sekali seminggu. Bagi yang biasa menggunakan flashdisk untuk media penyimpanan data jangan sembarangan memasukan flashdisk ke komputer lain yang tidak diketahui tingkat keamanannya dari infeksi virus. Flashdisk bisa jadi penyebaran virus yang sangat efektif dengan adanya fasilitas autorun. Matikan fitur autorun di komputer anda untuk mengurangi penyebaran virus. Hapus semua file yang tidak dikenali di media penyimpanan flashdisk, setidaknya ini akan membantu pengamanan komputer yang kita miliki.

informasi selanjutnya lihat juga Aman tanpa antivirus

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Article ini?
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar